Daftar Isi:
  • Pendidikan aqidah akhlak adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia. Skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif, penelitian bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian pada suatu konteks khusus. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode anlisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, sajian data (display data), dan verifikasi (menyimpulkan data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MI NU 01 Situwangi yaitu: Pertama, kegiatan pembelajarn diawali dengan membuat perencanaan pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Ketiga, alat evaluasi meliputi soalbenarsalah, objektif, isiandanpengamatansikapterlaksanadenganbaik. Keempat, metode yang digunakan sudah bervariasi namun masih kurang dalam pemanfaatan media. Kelima, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran aqidah akhlak di MI NU 01 Situwangi terdiri dari faktor siswa, sarana dan prasarana/ fasilitas dan lingkungan.