EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MTs. MA’ARIF NU 12 ARENAN KALIGONDANG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | Hadirin, 092338034 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1493/1/Abstrak.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1493/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1493/3/Hadirin_EFEKTIFITAS%20PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1493/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran fiqih terhadap prestasi belajar di MTs Ma’arif NU Arenan Kaligondang Purbalingga; (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran fiqih terhadap prestasi belajar di MTs Ma’arif NU Arenan Kaligondang Purbalingga. Metode pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru mata pelajaran fiqih. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis data kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa MTs Ma’arif NU Arenan Kaligondang menerapkan strategi pembelajaran aktif, pemilihan strategi dan metode yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran fiqih. Metode-metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar antara lain: ceramah, kerja kelompok, diskusi, praktek atau unjuk kerja dan Tanya jawab. Kesimpulan hasil dari penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran fiqih sudah berjalan secara efektif. Hal ini dibuktikan dengan data nilai UAMBN Tahun Pelajaran 2012/2013 diperoleh data nilai tertinggi 95 dan yang terendah 75 dan nilai rata-rata sebesar 80. Tahun Pelajaran 2013/2014 nilai tertinggi 92, nilai terendah 78 dan nilai rata-rata 80,25, dan Tahun Pelajaran 2014/2015 diperoleh data nilai tertinggi 90, nilai terendah 75 dan nilai rata-rata 80. Selama tiga tahun berturut-turut tersebut diperoleh nilai yang memuaskan. Untuk lebih memaksimalkan hasil perlu ada faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan strategi pembelajaran aktif ini yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih