Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015
Main Author: | MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/1/Muhamad%20Yusuf%20Efendi_Evaluasi%20Pembelajaran%20Fiqih%20di%20MTs%20Al%20Hidayah.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/ |
ctrlnum |
1485 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/</relation><title>Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015</title><creator>MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083</creator><subject>2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar</subject><subject>2x7.331 Tsanawiyah</subject><description>Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran agar
sebagian peserta didik dapat membentuk kompetensi secara optimal, karena
banyaknya peserta didik yang mendapat nilai rendah atau dibawah standar akan
mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu,
evaluasi pembelajaran harus dilakukan terus menerus untuk mengetahui dan
memantau perubahan serta kemajuan peserta didik, maupun untuk memberi skor,
angka atau nilai yang biasa dilakukan dan penilaian hasil belajar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi
pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Twelagiri Kecamatan
Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses
pengumpulan data berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu
reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Tiga komponen
analisa interaktif tersebut yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan
aktifitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data.
Evaluasi kognitif dalam pembelajaran fiqih MTs Al Hidayah Pagedongan
adalah evaluasi subjektif, evaluasi objektif, evaluasi formatif, evaluasi sumatif.
Bentuk intrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif dalam
pembelajaran fiqih adalah, soal pertanyaan lisan di kelas, pilihan ganda, uraian
obyektif, uraian non obyektif atau uraian bebas, jawaban atau isian singkat,
menjodohkan. Evaluasi afektif untuk mengukur kemampuan yang mencakup
kepribadian, budi pekerti, akhlakul karimah, kejujuran, amanah, toleransi, rendah
hati, tanggung jawab, disiplin, dan empati. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak
pada siswa dalam berbagai tingkah laku. Evaluasi psikomotor digunakan untuk
mengukur materi seperti praktek-praktek ibadah seperti shalat, wudhu mengurus
jenazah dan lain sebagainya. Evaluasi psikomotorik dilakukan dengan menggunakan
observasi untuk mengukur tingkah laku individu atau proses terjadinya suatu kegiatan
yang dapat diamati, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/1/Muhamad%20Yusuf%20Efendi_Evaluasi%20Pembelajaran%20Fiqih%20di%20MTs%20Al%20Hidayah.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083 (2015) Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>1485</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083 |
title |
Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7.331 Tsanawiyah |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/1/Muhamad%20Yusuf%20Efendi_Evaluasi%20Pembelajaran%20Fiqih%20di%20MTs%20Al%20Hidayah.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/ |
contents |
Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran agar
sebagian peserta didik dapat membentuk kompetensi secara optimal, karena
banyaknya peserta didik yang mendapat nilai rendah atau dibawah standar akan
mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu,
evaluasi pembelajaran harus dilakukan terus menerus untuk mengetahui dan
memantau perubahan serta kemajuan peserta didik, maupun untuk memberi skor,
angka atau nilai yang biasa dilakukan dan penilaian hasil belajar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi
pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Twelagiri Kecamatan
Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses
pengumpulan data berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu
reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Tiga komponen
analisa interaktif tersebut yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan
aktifitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data.
Evaluasi kognitif dalam pembelajaran fiqih MTs Al Hidayah Pagedongan
adalah evaluasi subjektif, evaluasi objektif, evaluasi formatif, evaluasi sumatif.
Bentuk intrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif dalam
pembelajaran fiqih adalah, soal pertanyaan lisan di kelas, pilihan ganda, uraian
obyektif, uraian non obyektif atau uraian bebas, jawaban atau isian singkat,
menjodohkan. Evaluasi afektif untuk mengukur kemampuan yang mencakup
kepribadian, budi pekerti, akhlakul karimah, kejujuran, amanah, toleransi, rendah
hati, tanggung jawab, disiplin, dan empati. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak
pada siswa dalam berbagai tingkah laku. Evaluasi psikomotor digunakan untuk
mengukur materi seperti praktek-praktek ibadah seperti shalat, wudhu mengurus
jenazah dan lain sebagainya. Evaluasi psikomotorik dilakukan dengan menggunakan
observasi untuk mengukur tingkah laku individu atau proses terjadinya suatu kegiatan
yang dapat diamati, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan. |
id |
IOS3655.1485 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-04-17T01:41:13Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141785287131136 |
score |
17.538404 |