ctrlnum 1485
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/</relation><title>Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015</title><creator>MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083</creator><subject>2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar</subject><subject>2x7.331 Tsanawiyah</subject><description>Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran agar&#xD; sebagian peserta didik dapat membentuk kompetensi secara optimal, karena&#xD; banyaknya peserta didik yang mendapat nilai rendah atau dibawah standar akan&#xD; mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu,&#xD; evaluasi pembelajaran harus dilakukan terus menerus untuk mengetahui dan&#xD; memantau perubahan serta kemajuan peserta didik, maupun untuk memberi skor,&#xD; angka atau nilai yang biasa dilakukan dan penilaian hasil belajar.&#xD; Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi&#xD; pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Twelagiri Kecamatan&#xD; Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan&#xD; pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini&#xD; adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses&#xD; pengumpulan data berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu&#xD; reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Tiga komponen&#xD; analisa interaktif tersebut yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan&#xD; aktifitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data.&#xD; Evaluasi kognitif dalam pembelajaran fiqih MTs Al Hidayah Pagedongan&#xD; adalah evaluasi subjektif, evaluasi objektif, evaluasi formatif, evaluasi sumatif.&#xD; Bentuk intrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif dalam&#xD; pembelajaran fiqih adalah, soal pertanyaan lisan di kelas, pilihan ganda, uraian&#xD; obyektif, uraian non obyektif atau uraian bebas, jawaban atau isian singkat,&#xD; menjodohkan. Evaluasi afektif untuk mengukur kemampuan yang mencakup&#xD; kepribadian, budi pekerti, akhlakul karimah, kejujuran, amanah, toleransi, rendah&#xD; hati, tanggung jawab, disiplin, dan empati. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak&#xD; pada siswa dalam berbagai tingkah laku. Evaluasi psikomotor digunakan untuk&#xD; mengukur materi seperti praktek-praktek ibadah seperti shalat, wudhu mengurus&#xD; jenazah dan lain sebagainya. Evaluasi psikomotorik dilakukan dengan menggunakan&#xD; observasi untuk mengukur tingkah laku individu atau proses terjadinya suatu kegiatan&#xD; yang dapat diamati, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/1/Muhamad%20Yusuf%20Efendi_Evaluasi%20Pembelajaran%20Fiqih%20di%20MTs%20Al%20Hidayah.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083 (2015) Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>1485</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUHAMAD YUSUF EFENDI, 102338083
title Evaluasi Pembelajaran Fiqih di MTs Al Hidayah Twelagiri Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014-2015
publishDate 2015
topic 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7.331 Tsanawiyah
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/1/Muhamad%20Yusuf%20Efendi_Evaluasi%20Pembelajaran%20Fiqih%20di%20MTs%20Al%20Hidayah.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1485/
contents Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran agar sebagian peserta didik dapat membentuk kompetensi secara optimal, karena banyaknya peserta didik yang mendapat nilai rendah atau dibawah standar akan mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, evaluasi pembelajaran harus dilakukan terus menerus untuk mengetahui dan memantau perubahan serta kemajuan peserta didik, maupun untuk memberi skor, angka atau nilai yang biasa dilakukan dan penilaian hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Twelagiri Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses pengumpulan data berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Tiga komponen analisa interaktif tersebut yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktifitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data. Evaluasi kognitif dalam pembelajaran fiqih MTs Al Hidayah Pagedongan adalah evaluasi subjektif, evaluasi objektif, evaluasi formatif, evaluasi sumatif. Bentuk intrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif dalam pembelajaran fiqih adalah, soal pertanyaan lisan di kelas, pilihan ganda, uraian obyektif, uraian non obyektif atau uraian bebas, jawaban atau isian singkat, menjodohkan. Evaluasi afektif untuk mengukur kemampuan yang mencakup kepribadian, budi pekerti, akhlakul karimah, kejujuran, amanah, toleransi, rendah hati, tanggung jawab, disiplin, dan empati. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada siswa dalam berbagai tingkah laku. Evaluasi psikomotor digunakan untuk mengukur materi seperti praktek-praktek ibadah seperti shalat, wudhu mengurus jenazah dan lain sebagainya. Evaluasi psikomotorik dilakukan dengan menggunakan observasi untuk mengukur tingkah laku individu atau proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat diamati, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan.
id IOS3655.1485
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2017-04-17T01:41:13Z
last_indexed 2020-01-16T04:48:27Z
recordtype dc
_version_ 1763141785287131136
score 17.538404