PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Yuli Rokhmatun, 102336061
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/2/Yuli%20Rokhmatun_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/
ctrlnum 1477
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA&#xD; POKOK BAHASAN BANGUN DATAR&#xD; MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA&#x2019;ARIF&#xD; NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN&#xD; PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH&#xD; TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>Yuli Rokhmatun, 102336061</creator><subject>2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan</subject><subject>2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah</subject><subject>372.7 Mathematics for Elementary Education</subject><description>Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada&#xD; pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara&#xD; alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang&#xD; dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target&#xD; penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek,&#xD; tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persolan dalam kehidupan jangka&#xD; panjang. Terkait dengan itu penelitian ini menekankan pembelajaran matematika&#xD; dengan metode demonstrasi yang mana materi matematika adalah materi yang&#xD; membahas tentang hal-hal yang kongkrit dan hasil pengetahuannya dialami dalam&#xD; kehidupan sehari-hari.&#xD; Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: Apakah metode demonstrasi pada&#xD; pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma&#x2019;arif NU 02&#xD; Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah&#xD; Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan&#xD; dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok&#xD; bahasan bangun datar kelas V di MI Ma&#x2019;arif NU 02 Purbasari Kecamatan&#xD; Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran&#xD; 2014/2015 setelah menggunakan metode demonstrasi.&#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua&#xD; siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan&#xD; pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima)&#xD; data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar&#xD; mengajar.&#xD; Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami&#xD; peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai&#xD; ketuntasan hasil belajar sebesar 44,81%, dan siklus II mencapai ketuntasan hasil&#xD; belajar sebesar 74,04%.&#xD; Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan&#xD; hasil belajar siswa kelas V MI Ma&#x2019;arif NU 02 Purbasari, Kecamatan Karangjambu,&#xD; Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Metode Demonstrasi.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/2/Yuli%20Rokhmatun_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf</identifier><identifier> Yuli Rokhmatun, 102336061 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA&#x2019;ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>1477</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yuli Rokhmatun, 102336061
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
372.7 Mathematics for Elementary Education
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/2/Yuli%20Rokhmatun_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/
contents Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persolan dalam kehidupan jangka panjang. Terkait dengan itu penelitian ini menekankan pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi yang mana materi matematika adalah materi yang membahas tentang hal-hal yang kongkrit dan hasil pengetahuannya dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: Apakah metode demonstrasi pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 44,81%, dan siklus II mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 74,04%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU 02 Purbasari, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Metode Demonstrasi.
id IOS3655.1477
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2016-11-09T04:47:39Z
last_indexed 2020-01-16T04:48:27Z
recordtype dc
_version_ 1763141785144524800
score 17.538404