PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Yuli Rokhmatun, 102336061 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/2/Yuli%20Rokhmatun_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/ |
ctrlnum |
1477 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA
POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF
NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN
PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>Yuli Rokhmatun, 102336061</creator><subject>2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan</subject><subject>2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah</subject><subject>372.7 Mathematics for Elementary Education</subject><description>Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada
pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara
alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang
dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target
penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek,
tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persolan dalam kehidupan jangka
panjang. Terkait dengan itu penelitian ini menekankan pembelajaran matematika
dengan metode demonstrasi yang mana materi matematika adalah materi yang
membahas tentang hal-hal yang kongkrit dan hasil pengetahuannya dialami dalam
kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: Apakah metode demonstrasi pada
pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02
Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah
Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok
bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02 Purbasari Kecamatan
Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran
2014/2015 setelah menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima)
data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar
mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai
ketuntasan hasil belajar sebesar 44,81%, dan siklus II mencapai ketuntasan hasil
belajar sebesar 74,04%.
Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU 02 Purbasari, Kecamatan Karangjambu,
Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Metode Demonstrasi.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/2/Yuli%20Rokhmatun_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf</identifier><identifier> Yuli Rokhmatun, 102336061 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>1477</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yuli Rokhmatun, 102336061 |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA
POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF
NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN
PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 372.7 Mathematics for Elementary Education |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/2/Yuli%20Rokhmatun_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1477/ |
contents |
Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada
pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara
alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang
dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target
penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek,
tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persolan dalam kehidupan jangka
panjang. Terkait dengan itu penelitian ini menekankan pembelajaran matematika
dengan metode demonstrasi yang mana materi matematika adalah materi yang
membahas tentang hal-hal yang kongkrit dan hasil pengetahuannya dialami dalam
kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: Apakah metode demonstrasi pada
pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02
Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah
Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok
bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02 Purbasari Kecamatan
Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran
2014/2015 setelah menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima)
data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar
mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai
ketuntasan hasil belajar sebesar 44,81%, dan siklus II mencapai ketuntasan hasil
belajar sebesar 74,04%.
Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU 02 Purbasari, Kecamatan Karangjambu,
Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Metode Demonstrasi. |
id |
IOS3655.1477 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2016-11-09T04:47:39Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141785144524800 |
score |
17.538404 |