PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU O3 TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Khothibul Iman, 1123305016
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1473/1/AJI%20YULIANTO_SISTEM%20KEMITRAAN%20DALAM%20USAHA%20TERNAK%20AYAM%20BROILER%2C%20DESA%20CIPETE%20KECAMATAN%20CILONGOK%20KABUPATEN%20BANYUMAS%20%28Perspektif%20Fikih%20Muamalah.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1473/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1473/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilakukandengandilatarbelakangiolehkondisihasilbelajarsiswa yang rendah, khususnyapadamatapelajaranmatematika.Kondisiinidisebabkankarena guru dalampembelajaranmasihmenggunakan model pembelajaran yang konvensional yang hanyamenekankanaspekkognitifsajasehinggasiswamerasamatematikamenjadimatapelajaran yang sulitdanmembuatsiswajenuh.AkhirnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranMatematikamenjadirendah. PenelitiantindakankelasinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarMatematikapadapokokbahasangeometribangundatarpadasiswakelas VMI Ma’arif NU 03 Tunjungmuli, KecamatanKarangmoncol, KabupatenPurbalingga, denganmenggunakan model pembelajaranTeas GamesTorunament(TGT) denganjumlahpesertadidik 33 siswa. PenelitianTindakanKelas (PTK) dilaksanakan 2 (dua) siklus, yang masing-masingsiklusterdiriatastahapperencanaan, tindakan, observasidanrefleksi.Dalampengumpulan data, penulismenggunakanbeberapametode, yaitumetodeobservasidimanaobservasidilakukansebelumataupunselamapelaksanaansiklusberlangsung. Metodewawancarayaitudenganmengajukankepadainformanterkaitdenganpelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Metode dokumentasi yaitu metode pengumpulan data untuk mengumpulkan data untuk mengumpulkan informasi berupa dokumen penting selama penelitian maupun foto-foto selama pelaksaan pembelajaran.Adanyates di sinidigunakanmengukurhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianpadasiklus I hasilbelajarmenunjukkan rata-rata nilai 64.84 danpersentaseketuntasan 60.61%.Hasilpenelitianpadasiklus II hasilbelajarmenunjukkan rata-rata nilai 83.03 denganprosentaseketuntasanbelajar 87.88%.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa model Team Games Tournament berhasilmeningkatkanhasilbelajarMatematikapokokbahasangeometribangundatarpadasiswakelas V MI Ma’arif NU 03 Tunjungmuli.