Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng Kejobong Purbalingga. Dalam penggunaan strategi pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu tugas dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng, Kejobong, Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh guru kelas, kepala sekolah dan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 10 Krenceng Kejobong Purbalingga. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs M’arif NU 10 Krenceng. Sedangkan dalam teknis analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dilakukan pada materi qiro’ah. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa di bagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri antara 4 sampai 5 orang, kemudian siswa di beri tugas untuk di diskusikan, setelah selesai berdiskusi masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Sedangkan dalam penilaian dilakukan secara kelompok dan individu, nilai kelompok di ambil dari hasil diskusi dan nilai individu di ambil dengan melihat keaktifan siswa dalam kelompok.