METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM LEBENG KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Main Author: Fitriyani, 1123304066
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1445/1/ABSTRAK.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1445/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1445/3/Fitriyani_METODE%20PEMBELAJARAN%20AQIDAH%20AKHLAK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1445/
Daftar Isi:
  • Mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat penting sekaligus juga sebagai pendukung bagi mata pelajaran lainnya. Oleh sebab itu, dalam setiap proses pembelajaran Aqidah Akhlak, guru di MI Nurul Ulum Lebeng selalu berusaha agar siswa dapat menerima materi yang diberikan oleh guru. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi, supaya siswa tidak akan merasa bosan ketika mengikuti pembelajaran. Namun, walaupun guru di MI Nurul Ulum Lebeng sudah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada saja siswa yang terlihat bosan ketika mengikuti pelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana penggunaan metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Ulum Lebeng Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Ulum Lebeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dan penelitian ini digolongkan penelitian deskkriptif kualitatif. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Ulum Lebeng Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak serta kepala Madrasah. Dalam pengumpulan data, peneliti mengggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak yang dilaksanakan di MI Nurul Ulum Lebeng Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas adalah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Alokasi waktu dalam 1 minggu 2X40 menit dalam satu kali pertemuan. Sebelum pembelajaran dilaksanakan dikelas, guru menyusun RPP yang dilakukan secara bersama dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Aqidah Akhlak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Ulum Lebeng Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Ulum Lebeng Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode drill, metode cerita dan metode resitasi. Kata Kunci : “ Metode Pembelajaran, mata pelajaran Aqidah Akhlak”.