Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat diharapkan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan dapat terlaksana dengan optimal.Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dipakai dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tetapi penerapanya tidak bisa sembarang dilaksanakan, tergantung dari beberapa hal diantaranya keadaan siswa, keadaan sarana dan prasaran dan lain sebagainya. Variasi metode pembelajaran dan metode-metode apa saja yang cocok digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode apa saja yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam Di SD N 2 Karang Jengkol Kec. Kutasari Kab. Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama serta siswa siswi SD N 2 Karang Jengkol Kec. Kutasari Kab. Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Data primer diperolah melalui wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam dan dilanjutkan dengan observasi secara langsung ke lokasi penelitian dan dokumentasi kegiatan-kegiatan pembelajaran PAI. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam dan obyek penelitiannya adalah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Karang jengkol diantaranya adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan, sosiodrama, dan pembiasaan. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran Agama Islam