IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP MA’ARIF NU 02 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: M.Hidayatulloh, 102338023
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1432/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1432/2/M.Hidayatulloh_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1432/
Daftar Isi:
  • Penggunaan strategi sangat mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa, baik di tingkat Dasar maupun Menengah. Strategi yang digunakan sangat bervariatif namun disesuaikan terhadap materi yang akan dipelajari. Salah satu strategi pembelajaran tersebut adalah menggunakan strategi Jigsaw. Pada saat pembelajaran dengan menggunakan Strategi Jigsaw, ternyata dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan semangat siswa dalam belajar sangatlah tinggi. Siswa merasa peran mereka dalam pembelajaran sangat penting, sehingga pembelajaran lebih hidup dan hasil pembelajaran menjadi lebih maksimal. Persoalan yang dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi strategi pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Fiqih serta hasil dan kelemahan dan kelebihan penggunaan strategi tersebut.Penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif. Sebagai subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih dan siswa. Data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses pelaksanaan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana disetiap kelompok masing-masing mendapat sub materi yang berbeda. Dalam kelompok juga akan dipilih untuk menjadi tim ahli sebagai wakil dari kelompok untuk menyampaikan hasil dari pemahaman yang mereka dapat selama diskusi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa ketika mengikuti pelajaran dengan menggunakan strategi Jigsaw prestasi belajar meningkat. Dari hasil tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan bagi semua pihak, khususnya bagi guru agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak merasa jenuh dan siswa akan dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Implementasi, Strategi Pembelajaran, Jigsaw, Mata Pelajaran Fiqih.