METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Erni Juwita Sari, 082338018 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1431/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1431/2/Erni%20Juwita%20S_METODE%20PEMBELAJARAN%20AKIDAH%20AKHLAK.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1431/3/0.%20ABSTRAK.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1431/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV A di MI Maarif NU 1 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penulis secara langsung mendatangi lokasi di MI Maarif NU 1 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini adalah kualitatif, untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dan tidak menggunakan teknik analisis statistik ataupun interpretasi kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data terhadap perencanaan pembelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja. Adapun lokasi penelitian adalah MI Maarif NU 1 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, saat ini merupakan salah satu MI yang bagus di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Pembelajarannya berhasil, siswa-siswi mendapat nilai yang bagus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran akidah akhlak yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas IV A MI Maarif NU 1 Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja adalah memuaskan yaitu siswa bergairah dalam belajar dan memperoleh nilai yang bagus di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Adapun metode pembelajaran Akidah Akhlak yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, drill, sosiodrama dan resitasi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Akidah Akhlak.