PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI NEGERI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | SUHESTI KHUSNAWATI, 1123305051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1424/1/Abstrak_Suhesti%20K.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1424/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1424/3/Suhesti%20K_PENGGUNAAN%20MEDIA%20VISUAL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1424/ |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan alam (IPA) merupakan Materi-materi dalam IPA mempelajari fenomena-fenomena alam yang faktual, baik berupa kenyataan atau kejadian dan hubungan sebab-akibatnya, sehingga sebagian besar materi pelajaran IPA bersifat abstrak hal tersebut membuat siswa merasa kesulitan dalam mempelajaarinya, ditambah proses pembelajaran masih verbalisme, yaitu anak dapat menghafal dan mengucapkan kata-kata tetapi tidak dapat memahami maksud atau artinya. Hal tersebut dikarenakan guru dalam menyampaikan bahan pengajaran hanya menggunakan bahasa lisan atau tulisan tanpa disertai alat pendukung yang bisa memperjelas materi yang disampaikan oleh guru. Dampaknya siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan motivasi belajar kurang, disinilah pentingnya penggunaan media pembelajaran didalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa dan menumbuhkan motivasi belajar. Penelitian ini meneliti tentang penggunaan media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV di MI Negeri Purwareja Klampok Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015. MI Negeri Purwareja Klampok adalah MI yang mempunyai berbagai media untuk mendukung pembelajaran IPA. Dan berdasarkan observasi pendahuluan, ketika guru kelas IV menyajikan media gambar yang berkaitan dengan materi mata pelajaran IPA peserta didik lebih antusias dan tertarik dalam memahami pembelajaran yang berlangsung serta aktif melakukan tanya jawab dengan guru. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan media pembelajaran khususnya media visual pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Negeri Purwareja Klampok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatannya deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang penggunaan media visual pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Negeri Purwareja Klampok Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015 adalah media yang digunakan sudah sesuai dengan kriteria pemilihan media pembelajaran dan dalam langkah-langkah penggunaanya menggunakan tiga tahap yaitu tahap perencanaan sebelum menggunakan media visual, tahap pelaksanaan penggunaan media visual, tahap evaluasi penggunaan terhadap penggunaan media visual pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Media Visual, Mata Pelajaran IPA