Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa kepala madrasah mempunyai tanggung jawab untuk memajukan lembaga madrasah dengan melaksanakan peran-perannya yang dapat memajukan madrasah. Dari penelitian yang dilakukan penulis diketahui beberapa guru ada yang belum melengkapi perangkat pembelajaran dalam hal ini salah satunya silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ketika akan melaksanakan pembelajaran. Selaku kepala madrasah yang memiliki tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berada di madrasah termasuk guru,tentunya kepala madrasah harus bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan guru dalam hal ini kompetensi pedadogik guru sehubungan dengan perancangan pembelajaran. Untuk itu perlu adanya penelitian yang mengungkapakan bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Penelitian yang penulis lakukan yaitu di MTs Al Hidayah Karangsusi Purwokerto dengan mengambil objek Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru, dan subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala dan guru. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan cukup baik dengan mengacu pada tujuh peran kepala madrasah pada umumnya yaitu peran kepala madrasah sebagai educator, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai supervisor, sebagai leader, sebagai pencipta iklim kerja, sebagai wirausahawan