PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BENDA-BENDA LANGIT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: MUKHOLIFAH, 1123306052
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1368/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1368/2/Mukholifah_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20ILMU%20PENGETAHUAN%20ALAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1368/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang membahas tentang pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi benda-benda langit sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Apakah dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi “Benda-Benda Langit” pada Siswa Kelas I Semester II di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Benda-Benda Langit dengan menggunakan media gambar di kelas I Semester II MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data kuanitatif terdiri dari rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda-benda langit Kelas I Semester II di MI Ma’arif NU 1 Longgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus 2) menunjukkan peningkatan dari 46,15% siswa yang tuntas menjadi 92,31% siswa yang tuntas atau meningkat sebesar 46,15% atau sebanyak 12 siswa. Selain itu, rata-rata kelas juga meningkat dari 65,00 pada pra siklus, meningkat menjadi 80,77 pada siklus 2, atau meningkat sebesar 15,77. Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, IPA, Benda Langit