KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: LINA HANDAYANI, 102331036
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/1/Cover_Bab%20I_Ban%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/2/Lina%20Handayani_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/
ctrlnum 1367
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/</relation><title>KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU&#xD; MATA PELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS&#xD; DI MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KEMBARAN&#xD; KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>LINA HANDAYANI, 102331036</creator><subject>2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar</subject><subject>371.12 Professional Qualifications of Teacher</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang menarik untuk diteliti berkaitan dengan bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Karena keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun pada kenyataannya, sekarang ini masih banyak guru yang dinilai kering dalam aspek pedagogisnya. Guru hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran tanpa melihat kebutuhan peserta didiknya, kurang memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta tidak banyak melakukan pemikiran kreatif dan inovatif.&#xD; Dengan menguasai kompetensi pedagogik, seorang guru akan dapat mengelola pembelajaran dan menciptakan interaksi edukatif dengan memahami karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pemahaman dan pelaksanaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan penelitian, maka peneliti memakai jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari guru mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran yang berjumlah 2 orang, melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukan Kompetensi Pedagogik mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran sudah sangat baik dan sesuai dengan teori dan kompetensi inti dari kompetensi pedagogik menurut Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011. Namun, ada indikator kompetensi pedagogik yang belum dapat dilaksanakan yaitu melaksanakan penelitian tindakan kelas.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/1/Cover_Bab%20I_Ban%20V_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/2/Lina%20Handayani_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU.pdf</identifier><identifier> LINA HANDAYANI, 102331036 (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>1367</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LINA HANDAYANI, 102331036
title KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
371.12 Professional Qualifications of Teacher
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/1/Cover_Bab%20I_Ban%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/2/Lina%20Handayani_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1367/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang menarik untuk diteliti berkaitan dengan bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Karena keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun pada kenyataannya, sekarang ini masih banyak guru yang dinilai kering dalam aspek pedagogisnya. Guru hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran tanpa melihat kebutuhan peserta didiknya, kurang memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta tidak banyak melakukan pemikiran kreatif dan inovatif. Dengan menguasai kompetensi pedagogik, seorang guru akan dapat mengelola pembelajaran dan menciptakan interaksi edukatif dengan memahami karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pemahaman dan pelaksanaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan penelitian, maka peneliti memakai jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran yang berjumlah 2 orang, melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Kompetensi Pedagogik mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran sudah sangat baik dan sesuai dengan teori dan kompetensi inti dari kompetensi pedagogik menurut Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011. Namun, ada indikator kompetensi pedagogik yang belum dapat dilaksanakan yaitu melaksanakan penelitian tindakan kelas. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
id IOS3655.1367
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2016-11-09T04:47:38Z
last_indexed 2020-01-16T04:48:25Z
recordtype dc
_version_ 1763141784580390912
score 17.538404