UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SELF CONTROL REMAJA DI SMK MA’ARIF NU 1 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Ully Maulida, 1123308054
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1365/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1365/2/Ully%20Maulida_UPAYA%20GURU%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1365/
Daftar Isi:
  • Di era globalisasi ini masyarakat Indonesia mengalami perkembangan yang sangat cepat. Era ini memiliki potensi untuk ikut mengubah hampir seluruh sistem kehidupan masyarakat.Era globalisasi ini memberikan dampak positif dan negatif yang cukup besar. Remaja sebagai harapan bangsa harus benar-benar bisa memanfaatkan perubahan zaman agar tidak terbawa arus negatif globalisasi.Untuk menghadapi era globalisasi pendidikan diharapkan dapat mengembangkan self control pada peserta didiknya mengendalikan dirinya dari pengaruh negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan self control remajanya.Fokus permasalahan yang akan dicari jawabannya adalah “Bagaimana upaya-upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan self control remaja di SMK Ma’arif NU 1 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?” Self Control dibentuk melalui berbagai strategi diantaranya adalah respons relaks, meditasi, pengamatan dan pencatatan diri, autogenic training,behavioral self management, instruksi diri, self-reinforcement . Dilihat dari lokasinya, penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode analisa kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan. Upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam yaitu dengan melakukan beberapa strategi pengembangan self control yaitu dengan strategi analisis/pengamatan diri dan behavioral self management. Strategi ini ditunjang dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap,media pembelajaran menggunakan power point dan metode yang bervariatif. Dalam mendukung upaya ini maka dilakukan berbagai upaya pendukung yaitu kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan pagi, kepribadian guru yang baik dan penciptaan lingkungan yang positif yang diharapkan dapat mengembangkan self control remaja. Kata Kunci : upaya guru pendidikan agama islam, self control, remaja