IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | ANISA NUR FITRIANA, 1123305047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1364/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1364/2/Anisa%20Nur%20F_IMPLEMENTASI%20PEMBELAJARAN%20TEMATIK%20INTEGRATIF.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1364/ |
Daftar Isi:
- Pembeajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pemaduan tersebut dilakukan dalam dua hal yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan terpadu berbagai konsep dasar yang berkaitan. Pembelajaran tematik integratif memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan memberikan pembelajaran yang menyeluruh dan tidak terpisah-pisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif di SD Islam Terpadu Annida mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal yang terkait dengan pembelajaran tematik integratif. Adapun tahapan-tahapan pembelajaran tematik integratif di SD Islam Terpadu Annida yaitu a) perencanaan meliputi mencantumkan identitas RPP, menyusun tujuan pembelajaran, menentukan metode dan strategi pembelajaran, menentukan media pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan scientific dan merencanakan penilaian. b) pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c) evaluasi Kata Kunci: Pembelajaran, Tematik Integratif