PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH MA’ARIF NU PURWOKERTO BARATBANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: DiyahPurnamaSiwi, 102332051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1353/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1353/2/Diyah%20Purnama%20Siwi_Penggunaan%20Metode%20Bernyanyi%20dalam%20Pembelajaran%20Bahasa%20Arab.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1353/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas bagaimana penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab, karena mayoritas siswa MTs Al Hidayah Purwokerto barat lulusan dari Sekolah Dasar sehingga belum begitu mengenal bahasa Arab. Untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahamibahasa Arab maka perlu adanya sebuah metode yang akan digunakan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena sukses tidaknya pembelajaran tergantung metode yang digunakan. Apalagi dalam pembelajaran bahasa Arab, yang mana pembelajaran bahasa Arab tidaklah mudah dan terkadang menjenuhkan.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanapenggunaanmetodeBernyanyidalampembelajaranbahasa Arab di MTsAl HidayahPurwokerto Barat. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan(field research) bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuanuntuk memahami dan menggambarkan tentangpenggunaan metode Bernyanyidalampembelajaranbahasa Arab di MTs Al Hidayah Purwokerto Baratdimanapenelitimendapatkan data penelitiandengancaralangsungmendatangiMTs Al Hidayah Purwokerto Baratsebagaitempatpenelitian. Penelitimenggunakanmetodeobservasi, wawancarasertadokumentasiuntukmenggali data dalampenelitianini.Adapun yang menjadisubjekdalampenelitianiniadalah guru bahasa Arab dansiswakelas 1IVdankelasIIIV MTs Al Hidayah Purwokerto Barat.Sedangkanuntukmenganalisis data yengdiperoleh, penulislakukandengancaramengumpulkanseluruh data, mereduksi data, menyajikan data, danverifikasi data. Hasil dari penelitian yang penulislakukan, penelitimenemukanbahwadalampembelajaranBahasa Arab perluadanyametode yang menyenangkan. Agar pembelajarantidakmembosankan, seorang guru perlumemilihmetode yang hendakdigunakandalam proses pembelajaran. Di MTs Al HidayahMa’arif NU Purwokerto Barat pembelajaranbahasa Arab menggunakanmetodeBernyanyidimanaseorang guru menyampaikanmufrodatdenganmenggunakansebuahlagu. Kata Kunci :Metodepembelajaran, bahasa Arab, Bernyanyi