PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V MI AL-HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Akhsin Fauzi, 102336067
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1344/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1344/2/AKHSIN%20FAUZI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1344/
Daftar Isi:
  • Pada observasi awal, pembelajaranberlangsung monoton. Pembelajaran hanya berpusat pada guru. Siswa terlihat bosan dan bermain sendiri. Akibatnya hasil belajar volume bangun ruang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang terkumpul secara analisis kualitatif dengan cara menganalisis data yang terkumpul deskriptif dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis jumlah peserta didik yang mengalami perubahan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran matematika pokok bahasan volume bangun ruang mengalami peningkatan yaitu dari pra-siklus 27,77%, siklus I 44,44%, dan siklus II 83,33%. Kata kunci: Tanggungjawabdan Kebersamaan