STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KARANGDURENKECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: RATIH KARTIKA DEWI, 1223304028
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1338/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1338/2/RATIH%20KARTIKA%20DEWI_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1338/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan agama Islam yakni lemahnya proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Guru merupakan komponen yang sangat penting, sebab keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan sangat tergantung pada guru sebagai ujung tombak. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang guru adalah bagaimana merancang dan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai. Guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi agar dapat merubah cara belajar serta minat siswa dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan pasti yang konkret dan bisa dipertanggungjawabkan tentang strategi pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Karangduren Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015 pada masing-masing indikator. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pegumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milah menjadi satuan yang dapat dikelola dan dapat diceritakan kepada orang lain. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru,dan siswa kelas IV A dan IV B serta pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri 1 Karangduren. Obyek penelitiannya adalah strategi pembelajaran PAI kelas IV semester 1. Hasil penelitian menunjukkan: Guru PAI di SD Negeri 1 Karangduren menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi pada masing-masing indikator, diantaranya Strategi Pembelajaran Reading Guide ,Information Search, Afektif, Ekspositori, Kooperatif, Card Match, Index Card Match, dan Reading Aloud. Dalam satu indikator kadang guru menerapkan lebih dari satu strategi pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam