METODE PEMBIASAAN SHALAT DI SMP DIPONEGORO 5 WANGON BANYUMAS
Main Author: | Nur Laely Wachidah, NIM. 102338097 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/133/1/ABSTRAK.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/133/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/133/3/NUR%20LAELY%20WACHIDAH_METODE%20PEMBIASAAN%20SHALAT%20DI%20SMP%20DIPONEGORO%205%20WANGON%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/133/ |
Daftar Isi:
- Dalam menerapkan shalat disekolah, dibutuhkan metode yang mendukung. Metode yang dimaksud adalah cara yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menerapkan shalat kepada peserta didik. Salah satunya dengan metode pembiasaan. Metode pembiasaan dinilai sebagai metode yang efektif untuk diterapkan, karena dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus akan tertanam dalam jiwa peserta didik. Metode pembiasaan shalat di SMP Diponegoro 5 wangon merupakan upaya dari sekolah dan guru agama dengan membiasakan peserta didik shalat berjamaah setiap hari di sekolah dengan bimbingan dan arahan . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembiasaan shalat di SMP Diponegoro 5 Wangon Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan kedalam penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembiasaan shalat yang diterapkan di SMP Diponegoro 5 Wangon yaitu shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah. Pelaksanaan pembiasaan shalat di SMP Diponegoro 5 Wangon dapat berjalan dengan baik, terbukti dengan adanya syarat dan prinsip serta tujuan yang jelas dalam pelaksanaannya. Dan nilai-nilai yang terkandung dalam pembiasaan tersebut yang utama adalah nilai keimanan dan ketaqwaan. Adapun nilai yang lain yaitu kedisiplinan, rasa syukur, kebersihan, persamaan dan persaudaraan. Kata Kunci : Metode, Pembiasaan, Sholat