MEDIA PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Septian Dani P, 082331137
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1306/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1306/2/Septian%20Dani%20P_MEDIA%20PEMBELAJARAN%20AL%20QUR%E2%80%99AN%20HADITS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1306/
Daftar Isi:
  • Hakikat dari pendidikan adalah merubah pola pikir, sikap dan tindakan seseorang melalui pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga mempunyai nilai-nilai yang dijadikan pijakan dalam setiap mengatasi permasalahan dalam kehidupannya. Tujuan tersebut akan lebih mudah tercapai apabila dalam proses pembelajarannya menggunakan media baik berupa media audio, media visual maupun media audio visual dan komunikasi proses belajar antara guru dan siswa akan efektif untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di MI Darul Hikmah Bantarsoka dengan judul penelitian:“Media Pembelajaran Al Qur’an HaditsDi MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis media yang digunakan dan bagaimana penerapannya dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MI Darul Hikmah Bantarsoka.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah guru Al-qur’an Hadits, siswa dan Kepala Sekolah. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan media pada mata pelajaran Al-qur’an hadits. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan: Dalam menyampaikan materi Al Qur’an Hadits guru MI Darul Hikmah Bantarsoka memperhatikan pemilihan media untuk pencapaian tujuan pembelajaran serta memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan pada waktu proses penggunaan media diantaranya menggunakan media audio visual gambar, tape recorder, video, buku modul, film, papan visual dan media proyeksi seperti slide dan LCD Proyektor. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits, MI Darul Hikmah