PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISIAM DI SD NEGERI 2 KEMBANGAN BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | Khudriyah, 082334063 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1301/1/Khudriyah_PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISIAM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1301/ |
Daftar Isi:
- Islam memandang perlu adanya perhatian yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Dasar dan sederajat, pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tujuan yang hendak dicapai, anak didik, pendidik, metode, media, sumber dan sebagainya yang terdapat pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai adalah : untuk mengethui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Bukateja Purbalingga, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis dan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga. Mengacu pada uraian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga tahun pelajaran 2010/2011 sudah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan dasar dan tujuan yang diharapkan, (2) Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI tersebut berhasil dengan baik, walaupun belum sepenuhnya tercapai karena terdapatnya beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan tersebut, dan (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Kembangan Bukateja Purbalingga, antara lain: (a) Faktor pendukung: adanya dukungan dari Kepala Sekolah terhadap pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, adanya sarana dan fasilitas yang mendukung terselenggaranya Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, dan adanya kesadaran dari para siswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan khususnya bidang studi Pendidikan Agama Islam; (b) Faktor penghambat: terbatasnya waktu yang tersedia, sedangkan materi pelajaran tentang materi Pendidikan Agama Islam cukup banyak, dan banyaknya siswa yang berasal dari keluarga yang awam dalam hal Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam