Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas IV di MI Ma’arif Beji adalah kelas yang telah menerapkan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Mempelajari mata pelajaran IPA pada tingkat sekolah dasar sangat penting karena memberikan pengalaman langsung untuk mengembangkan kemampuan agar menjelajahi dan memahami alam sekitar. Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) digunakan sebagai metode pembelajaran IPA pada kelas IV di MI Ma’arif Beji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas IV MI Ma’arif Beji pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penyajian non statistik. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA oleh guru kelas IV dalam bentuk data yang tidak menggunakan angka-angka. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Ma’arif Beji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pendapat analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum dilapangan dan analisis setelah lapangan yaitu Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display) dan Verifikasi (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) digunakan oleh guru mata pelajaran IPA kelas IV di MI Ma’arif Beji untuk mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan kehidupan sehari-hari. Dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada kelas IV di MI Ma’arif, guru menggunakan materi baru dalam proses pembelajaran dan sesuai dengan tahap-tahap penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) tersebut. Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), Pembelajaran IPA