STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Najwa Wedding Organizer Tumiyang Banyumas Jawa Tengah)
Main Author: | FITRA RIANI, NIM. 1223205010 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1269/1/Fitra%20Riyani%20STRATEGI%20KOMUNIKASI%20PEMASARAN%20MELALUI%20MEDIA.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1269/2/cover%20bab%20I%20%20dan%20bab%20V.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1269/ |
Daftar Isi:
- Pada era modern saat ini teknologi telah berkembang sangat pesat dimana penggunanya dapat lebih mudah menerima atau mengirim suatu informasi baik bersifat umum atau pribadi. Saat ini media sosial telah menjadi firal dimana pada tahun terakhir penggunanya telah mencapai 2.2 miliar orang menggunakan media sosial aktif. Dengan adanya kemajuan tekhnologi seperti internet atau media sosial ini Najwa Wedding Organizer sebagai pengusaha dapat memanfaatkan media sosial tersebut agar lebih mudah dalam memasarkan produknya. Secara formal Najwa Wedding Organizer belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial namun secara prakteknya Najwa Wedding Organizer telah menggunakan media sosial sebagai media untuk komunikasi pemasaran produknya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan analisis ekonomi Islam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara umum bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Najwa Wedding Organizer dengan menggunakan media sosial sebagai alat promosinya telah memiliki pangsa pasar yang jelas dimana Najwa Wedding Organizer telah mampu menerima panggilan hingga keluar kota. Strategi komunikasi pemasaran Najwa Wedding Organizer melalui media sosial dalam pandangan ekonomi Islam diukur dari sudut strategi komunikasi pemasaran yang baik dan menerapkan perilaku Islam dengan menjaga kredibilitas konsumennya.