INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TK KHALIFAH TAMBAKSARI KEMBARAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Ujang Imamul M, 092331114
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1254/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1254/2/Ujang%20Imamul%20M_INTERNALISASI%20NILAI-NILAI%20AGAMA%20ISLAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1254/
Daftar Isi:
  • Proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak adalah kegiatan mentransformasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam melalui kegiatan yang didukung beberapa metode. Penelitian ini mengangkat tema internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak di lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Sehingga persoalan yang penulis kaji pada penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak di TK Khalifah Tambaksari Kembaran Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode yang penulis gunakan ada dua, yaitu metode pengumpulan data dan metode analisis data. Dalam pengumpulan data, penulis memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Dalam penelitian ini penulis meneliti pesera didik, guru, sekolah, dan kegiatan-kegiatan di luar sekolah seperti kunjungan (field trip) ke lembaga-lembaga atau perusahaan ternama dengan tujuan menciptakan moslem enterpreneur. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada anak di TK Khalifah Tambaksari Kembaran Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014 disampaikan melalui tiga langkah yaitu tranformasi nilai, transaksi nilai, dan traninternalisasi nilai. Nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu nilai tauhid/keimanan pada pembelajaran blok Tauhid, Science tauhid, life skill tauhid, exercise tauhid, art centre tauhid, dan hapalan Al Asma Al Husna. Internalisasi nilai ibadah pada pembiasaan shalat berjamaah dhuha dan dzuhur, puasa senin kamis, manasik haji, Internalisasi nilai moral/akhlak pada pembiasaan memakai busana muslim/muslimah, pembiasaan berkata-kata yang baik dengan tujuh kata ajaib khalifah yaitu maaf, tolong, bolehkah, permisi, silahkan, syukron/terimakasih, dan Alhamdulillah. Kemudian melalui stimulus nilai Islam melalui core value yaitu pembiasaan karakter jujur, sungguh-sungguh, santun, ceria, dan mandiri. Untuk nilai sosial ditanamkan pada kegiatan-kegiatan program persemester seperti bakti sosial, halal bihalal, sedekah, simulasi penyembelihan hewan korban, karnaval Islami, perayaan hari besar Islam(PHBI), Opening circle, brain game, outing class dengan pemantuan parenting. Nilai-nilai agama Islam ini berdasar pada selogan TK Khalifah yaitu Tauhid dan enterpreneur dengan keteladanan Nabi Muhammad Saw. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Agama Islam, Anak.