Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Kelas Rendah MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Puji Rahayu, 092338036 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1241/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1241/2/Puji%20Rahayu_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20BACA%20TULIS%20AL%20QUR%E2%80%99AN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1241/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini didasari adanya keinginan penulis untuk mencoba mencari gambaran mengenai penerapan strategi pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas rendah di MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014. Sehingga rumusan masalahnya adalah " Bagaimana strategi pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas rendah di MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas rendah di MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini adalah MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara, yang merupakan salah satu dari MI swasta yang ada di Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto 03 Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah strategi Learning Starts With A Question, strategi Make A Match, strategi Modelling The Way, dan strategi Question Student Have. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah saran kepada guru, guru sebaiknya mengadakan pretest, guru hendaknya dapat mempersiapkan kembali dan menyampaikan dengan jelas model pembelajaran yang akan dilakukan, guru hendaknya lebih memotivasi siswa dalam belajar baik dalam bentuk materi (hadiah) maupun dalam bentuk pujian dan penghargaan, dan guru sebaiknya memperbanyak sumber belajar bagi siswa sehingga materi yang di sampaikan tidak hanya berasal dari satu buku saja. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Baca Tulis Al Qur’an, MI Cokroaminoto 03 Bondolharjo.