Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi hasil belajar mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana, rendahnya nilai hasil belajar IPA disebabkan karena siswa tampak pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, semangat siswa untuk belajar rendah, siswa kurang antusias menjawab atau bertanya pada saat diberikan kesempatan oleh guru, siswa beranggapan IPA adalah mata pelajaran yang sulit, dan siswa cenderung sibuk sendiri saat guru menjelaskan materi di depan kelas. Pembelajaran yang diselenggarakan guru juga bersifat monoton dan terpusat pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 2 Pancasan Ajibarang Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana dengan menggunakan metode discovery pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 2 Pancasan Ajibarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Obyek penelitian ini adalah metode discovery mata pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana pada siswa kelas V semester genap di MI Ma’arif NU 2 Pancasan Tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pembelajaran IPA melalui metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 2 Pancasan, dan prestasi belajar IPA yang ditunjukkan oleh skor dasar hasil tes awal, tes siklus I dan tes siklus II mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada Observasi awal, jumlah siswa tuntas belajar baru mencapai 8 siswa atau 63,36%, pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau 68,18%, dan di akhir siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 90,91%.