IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI UMAT BERAGAMA SISWA
Main Author: | Bayu Dwi S, 092331097 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1215/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1215/2/Bayu%20Dwi%20S_IMPLEMENTASI%20PEMBELAJARAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1215/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertaqwa, dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an-Al-Hadis, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Dibarengi tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural adalah salah satu model pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, etnis, bahasa dan tentunya nilai-nilai kultural sebagai dasar pembelajaran di lembaga tersebut. Hal ini dilakukan karena dalam satu sekolah terdiri dari berbagai siswa yang cukup beragam, agar tidak terjadi konflik didalamnya sangat penting pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membina toleransi umat beragama siswa diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membina toleransi umat beragama siswa SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membina toleransi umat beragama siswa SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah guru pendidikan agama Islam SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu merupakan salah satu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan obyek secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perencanaan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membina toleransi umat beragama siswa SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto adalah guru pendidikan agama Islam yang ada membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang disampaikan, artinya guru PAI tidak memiliki perencanaaan secara khusus. Dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran PAI berbasis multikultural terlaksana sebagaimana yang telah direncanakan oleh guru PAI, dalam penyampaian materi pendidikan agama Islam berbasis multikultural sifatnya hanya menyisipkan materi yang berkaitan dengan nilai-nilai multikultural pada kegiatan inti, maka dari itu guru PAI selalu mengaitkan materi dengan fakta-fakta yang ada, hal tersebut dilakukan agar siswa lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya yang beragam. Dalam evaluasi implementasi pembelajaran PAI berbasis multikultural di SMP Nasional 3 Bahasa belum bisa dibuat secara khusus dan masih menyesuaikan dengan kurikulum yang ada dari dinas pendidikan. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Multikultural.