PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI GANDENG KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | AINUN ROKHMAH, NIM. 1123308056 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1208/1/AINUN%20ROKHMAH%20__PENANAMAN%20NILAI-NILAI%20KEJUJURAN%20PADA%20SISWA%20SEKOLAH%20DASAR%20NEGERI%20GANDENG%20KECAMATAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1208/2/COVER__BAB%20I__BAB%20V__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1208/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan kejujuran merupakan nilai yang harus di tanamkan pada anak sejak dini karena kejujuran merupakan nilai kunci dalam kehidupan. Jika pendidikan kejujuran dapat dilaksanakan secara efektif berarti kita telah membangun landasan yang kokoh berdirinya bangsa. Beberapa sekolah tingkat dasar baik negeri maupun swasta sudah mulai menerapkan nilai kejujuran di lingkungan sekolah. Seperti halnya di SDN Gandeng yang mencoba menanamkannya kepada peserta didik melalui pengenbangan kurikulum dan kantin kejujuran serta program lain yang mendukung. Pembiasaan sikap jujur tidak hanya di bebankan kepada kepala sekolah, guru agama dan guru PKN saja, tetapi semua guru kelas, guru bidang studi serta karyawan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam tentang penanaman nilai-nilai kejujuran pada siswa SDN Gandeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Gandeng Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas?” Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu kepala sekolah, guru PAI, dewan guru dan siswa SDN Gandeng, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah penanaman nilai kejujuran yang di terapkan yaitu proses pemahaman terhadap kejujuran itu sendiri, pelaksanaan program-program yang mendukung seerti BTA, pramuka serta kantin kejujuran, keteladanan, yaitu meberikan contoh yang nyata kepada peserta didik, terbuka, yaitu menegur, serta memberikan secara jelas titik atau bentuk kesalahan yang telah dilakukan, tidak bereaksi berlebihan, yaitu memberikan pengertian dan sanksi yang telah di sepakati bersama apabila peserta didik melakukan kebohongan.