PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK IT (ISLAM TERPADU) MA’ARIF NU KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | ZIAN FEBRIANA, 102331130 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1206/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1206/2/Zian%20Febriana_PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20SISWA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1206/ |
Daftar Isi:
- Untuk membentuk karakter yang tercantum berdasarkan SK KD SMK IT melakukan usaha pembentukan karakter agar para siswa tetap mempunyai karakter yang baik. Karena prinsip dalam pembentukan karakter adalah berkelanjutan dari SD, SMP, dan SMK. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pembentukan karakter siswa di SMK IT, yang mengarah pada usaha-usaha sekolah dalam pembentukan karakter. Fokus permasalahan yang akan dicari jawabannya lewat penelitian ini adalah “Bagaimana Pembentukan Karakter Siswa di SMK IT Ma’arif NU Karanglewas Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?”. Karakter dibentuk melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan kebiasaan. Prinsip pembentukan karakter siswa antara lain: berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri, nilai tidak diajarkan tetapi dikembangkan, proses pembelajaran aktif serta menimbulkan rasa senang. Dilihat dari lokasinya penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode penentuan subjek penelitian menggunakan teknik puposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode analisa kualitatif dengan cara reduksi data,penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Usaha yang dilakukan dalam pembentukan karakter siswa antara laian: 1. Integrasi pendidikan karakter ke dalam pembelaajaran. Terdapat beberapa mata pelajaran sebagai usaha pembentukan karakter antara lain: PAI, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan menata produk, 2. Pengembangan budaya sekolah berbasis karakter dengan kegiatan rutin, spontan, teladan, dan pengondisian, 3. Usaha pembentukan karekter melalui ekstrakurikuler, 4.Usaha pembentukan karakter melalui sosialisasi dalam organisasi, 5. Usaha pembentukan karakter melalui kreativitas siswa, 6. Kartu monitoring sebagai ssaha pembentukan karakter, 7. Pembentukan karakter melalui peningkatan budaya baca tulis. Dari berbagai usaha diatas dapat membentuk nilai karakter pada diri siswa anatara lain: religius, disiplin, tanggung jawab, gemar membaca, kreatif, tekun, rasa hormat, rasa ingin tahu, percaya diri, berpikir kritis, menghargai prestasi, gaya hidup sehat, nasionalisme, dan mandiri. Kata kunci:Pembentukan Karakter, Siswa SMK IT Ma’arif Karanglewas