PENGGUNAAN ALAT PERAGA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGURANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Tyas Titis Hestiana, NIM. 1123305085
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1202/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1202/2/TYAS%20TITIS%20HESTIANA_PENGGUNAAN%20ALAT%20PERAGA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA%20%20KELAS%20V%20SD%20NEGERI%20%201%20KEDUNGURANG.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1202/
Daftar Isi:
  • Alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyatakan pesan merangsang pikiran, perasaan dan perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar, dan juga membantu peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan apa yang dipelajarinya. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan alat peraga pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Kedungurang kecamatan Gumelar kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik. Sedangkan untuk menganalisanya penulis menggunakan Model Miles and Huberman, terdiri dari: reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan tahap penarikan kesimpulan/conclution drawing atau verification. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam mata pelelajaran matematika telah dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran diaksanakan di ruang kelas V. Di mana proses pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang deiberikan dalam mapel matematika. Dampak penggunaan alat peraga dalam pembelajaran adalah meningkatkan minat belajar, meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan keeratan yang terjalin antara guru kelas dan siswa. Kata kunci: Alat Peraga, Pembelajaran, Mata Pelajaran Matematika