METODE PEMBELAJARAN FIQH DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Main Author: Wiwit Adi S, 092338102
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1193/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1193/2/Wiwit%20Adi%20Saputro_METODE%20PEMBELAJARAN%20FIQIH.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1193/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka seorang guru harus dapat menentukan metode yang cocok dan tidak membosankan untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dengan adanya metode yang menarik, diharapkan peserta didik akan lebih giat dan bersemangat dalam proses belajarnya sehingga bisa tercapai sesuai dengan target dari tujuan pembelajaran. Metode pengajaran merupakan suatu alat yang membantu suksesnya proses belajar mengajar. Akan tetapi kita harus mengetahui bahwa sebaik apapun metode pembelajaran yang digunakan tidak akan berhasil apabila tanpa didukung dengan tenaga kependidikan yang kompeten. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai penggunaan variasi metode pembelajaran fiqh serta untuk mendeskripsikan secara detail tentang penggunaan metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran fiqh dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara dengan guru mata pelajaran fiqh, observasi proses pembelajaran, dan dokumentasi di MI Muhammadiyah Ajibarang. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fiqh yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Dimana penggunaan metode – metode tersebut disesuaikan dengan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran mata pelajaran fiqh yang akan diajarkan kepada peserta didik di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqh, MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon