PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEMESTER II DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Anggraeni M, 102335030
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1192/1/Anggraeni%20M_PENERAPAN%20PENDEKATAN%20KONSTRUKTIVISME.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1192/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1192/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa banyak penyebab terjadinya hambatan dalam pembelajaran matematika. Salah satu faktor penyebab terjadinya hambatan tersebut dikarenakan matematika menjadi pelajaran yang dipandang menantang sekaligus menakutkan bagi siswa. Banyak siswa yang menganggap pelajaran ini menantang, namun jumlah siswa yang memandang matematika sebagai mata pelajaran yang sulit justru lebih banyak. Memandang dua masalah tersebut, maka salah satu wawasan yang perlu dimiliki guru adalah tentang pendekatan belajar mengajar yang dapat melibatkan siswa secara aktif untuk mengkonstruksi pengetahuan dan guru lebih berfungsi membekali kemampuan siswa dalam menyeleksi informasi yang dibutuhkan. Pendekatan tersebut yaitu pendekatan konstruktivisme. Terkait dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran matematika terdapat salah satu MI yang sudah menerapkannya. MI tersebut yaitu MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga tepatnya di kelas IV. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Semester II di MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014? Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Matematika sebagai pelaku utama penerapan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Data diperoleh melalui metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Selanjutnya, penyajian dan analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penyajian dan analisis data dinarasikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni menerangkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme yang dilakukan oleh guru telah sesuai dengan karakteristik pembelajaran konstruktivisme. Dimana dalam proses pembelajarannya guru senantiasa melibatkan siswa dalam kegiatan praktik siswa agar siswa dapat membangun pengetahuannya melalui perbuatan mereka terhadap benda-benda yang disediakan oleh guru seperti kardus bekas, kertas lipat, penggaris, gunting, dan lem kertas. Dengan adanya benda-benda tersebut siswa dapat mengungkapkan gagasan mereka mengenai jaring-jaring balok dan kubus, bangun yang simetris dan yang tidak simetris, dan dapat menentukan hasil dari suatu pencerminan. Kata Kunci : Pendekatan Kostruktivisme, Pembelajaran Matematika