Daftar Isi:
  • Fokus penelitian ini membahas tentang pelaksanaan bimbingan karir terhadap anak tuna netra di Sekolah Luar Biasa Putra Manunggal. Ada dua bimbingan karir diantaranya bimbingan karir akademik dan bimbingan karir non akademik. Dimana anak tuna netra mempunyai hak yang sama dengan anak normal pada lainnya. Namun dalam pelaksanaannya tentu saja tidak mudah, karena kurangnya fasilitas yang memadai, terkadang anak malas, terkadang turunnya semangat, dan dalam waktu kegiatan biasanya ada pengganggu dari kelas lain sehingga dapat menghambat kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai perkembangan secara optimal dalam batas-batas potensi yang dimiliki anak tuna netra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tuna netra dari SD, SMP, dan SMA. Yang seluruhnya berjumlah 8 anak tuna netra, wali kelas sekaligus guru pembimbing membantu dalam bimbingan karir. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dimana data yang terkumpul, disusun dan diklasifikaskan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan karir di Sekolah Luar Biasa Putra Manunggal Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen menggunakan proses tahap pendekatan awal, tahap penerimaan, tahap bimbingan kerja, tahap resosialisasi, dan tahap bimbingan lanjut. Kegiatan bimbingan karir didampingi oleh guru kelas sekaligus guru pembimbing bagi anak tuna netra.