ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTS DI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Muhaimin Santosa, 1223301114
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1167/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1167/2/MUHAIMIN%20SANTOSA_ANALISIS%20BUTIR%20SOAL%20ULANGAN%20AKHIR.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1167/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan sebuah program. Program melibatkan sejumlah komponen yang bekerjasama dalam sebuah proses untuk mencapai tujuan yang diprogramkan. Sebagai sebuah program, pendidikan merupakan aktivitas sadar dan sengaja yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Untuk mengetahui apakah penyelenggaraan program dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan evaluasi. Untuk itu, evaluasi dilakukan atas komponen-komponen dan proses kerjanya sehingga apabila terjadi kegagalan dalam mencapai tujuan maka dapat ditelusuri komponen dan proses yang menjadi sumber kegagalan. Analisis butir soal merupakan salah satu alternatif yang mendukung agar kegiatan belajar mengajar tersebut berjalan sesuai dengan tujuannya. Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Filed Reseach) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan. Jenisnya adalah penelitian kuantitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di seluruh MTs di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga dengan obyek penelitian yaitu analisis butir ulangan akhir semester genap mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs di Kecamatan Karangmoncol. Diantaranya ialah MTs Ma’arif NU 04 Tamansari, MTs Muhammadiyah 05 Tamansari, MTs Hasyim ‘Asyari Tunjungmuli, MTs Muhammadiyah 11 Kramat, dan MTs Ma’arif NU 16 Sirau. Adapun teknik analisis penelitianya adalah dengan menggunakan program ANATES. Kualitas soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016 ditinjau berdasarkan analisis yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh belum baik. Secara globalvaliditas soal sudah bisa dikatakan valid. Akan tetapi invalid didapatkan oleh MTs Muhammadiyah 11 Kramat dan MTs Ma’arif NU 16 Sirau. Reliabilitas dari keseluruhan butir soal masuk dalam kriteia cukup sampai tinggi karena berkisar antara 0,47-0,82. Daya pembeda bisa dikatakan jelek sampai baik karena berkisar antara 0,00-0,20 dan 0,41-0,70. Untuktingkatkesukaransemuapaketsoaldapatdikatakansedang, mudah dan sangat mudahantara 0,31-0,70, 0,71-0,80 dan 0,81-1,00. DanEfektifitaspengecohsecaraumumbelumberfungsidenganbaik, artinyasemua option belumdipiliholeh 5% seluruhpesertates. Kata Kunci: Analisis Butir Soal dan Program ANATES