METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Siti Latifah R, 092334057 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1166/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1166/2/SITI%20LATIFAH%20RAHAYUNI_METODE%20PEMBELAJARAN%20MATA%20PELAJARAN%20FIQIH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1166/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaranseorang guru harusmengetahuidenganjelastujuan yang hendakdicapainya. Tujuanpendidikandanpengajaranjugaberfungsi agar tujuanpembelajarandapattercapaidengan optimal, untukituseorangpendidikdalammemilihdanmenentukanharustepat.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiUntukmengetahuiBagaimanakahMetodePembelajaran Mata PelajaranFiqih di MI Ma’arif NU 02 KaranggambasKecamatanPadamaraKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2015/2016. Penelitian yang penulislakukaniniadalahtermasukdalampenelitiandiskriptif.Dan dalamperjalananmengumpulkan data, penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dokumentasi.Sedangkanuntukanalisisnya, penulismenggunakanteknikanalisisdeskriptifyaituberupapenggambarandengan kata-kata ataukalimat yang dipisah-pisahkanmenurutkategori data penelitiangunamendapatkansuatukesimpulan, gambarandengan kata-kata ataukalimatdengancarainduktif. Hasildaripenelitian yang dilakukanpenulisdapatdisampaikanbahwa guru DalampembelajaranFiqihMateripembelajaranFiqih di MI Ma’arif NU 2 Karanggambas yang termasukkedalamcakupanranahpsikomotorikadalahtaharah (wudlu) danshalat (shalatfardlu, shalatIdulFitridanIdulAdha), yang dibarengidenganmateriadzandaniqamah, do’a-do’aataudzikir. Metode yang digunakan guru dalampenyampaianmateripembelajaranFiqihadalah: metodeceramah, metodedemonstrasi, metode Tanya jawab, metodekerjakelompok., DalampenyampianpembelajaranranahpsikomotorikmatapelajaranPendidikan Agama Islam guru lebihcenderungmenggunakanmetodepraktekbukanstrategi, disinistrategitidakterlaluefektifdigunakanoleh guru. Pembelajarancenderungmonotonkarena guru lebihbanyakmenggunakansatumetodesaja.Anak-anak di MI Ma’arif NU 2 Karanggambasdididikuntukselalumengerjakanshalat 5 waktu, shalatJum’atbagianaklaki-laki, adzandaniqamah, wudlu, yaitudengancara guru mengajarkandengancarademonstrasiatauprakteklangsung yang ditujukan agar anakbisamelakukangerakanshalat, wudlubesertabacaannyadenganbenar, danbisadipraktekandalamkehidupansehari-hari. Kata - Kata Kunci: Guru, Pelaksanaanpembelajaran, Mata PelajaranFiqih