HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUKARROMAH SAMPANG CILACAP

Main Author: Chamdah, 1223308005
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1162/1/COVER_BAB%20I__BAB%20V__DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1162/2/Chamdah__Hubungan%20Antara%20Prestasi%20Belajar%20Aqidah%20Akhlak%20Dengan%20Perilaku%20Keberagamaan%20Siswa%20MTs%20Al.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1162/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari adanya degradasi moral yang kian marak dikalangan remaja termasuk pelajar Madrasah Tsanawiyah. Semua itu terjadi karena adanya kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada remaja dan menganggap bahwa pendidikan adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kecerdasan kognitifnya saja. Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang Agama Islam agar menjadi manusia muslim yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT serta memiliki akhlak mulia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan perilaku keberagamaan siswa MTs Al-Mukarromah Sampang Cilacap. Rumusan masalahnya adalah “Adakah hubungan antara prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan perilaku keberagamaan siswa MTs Al-Mukarromah Sampang Cilacap”. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode deskriptif, adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif korelatif, yaitu mencari korelasi dari dua variabel atau lebih yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama, sehingga dapat dicari hubungan antara satu gejala dengan gejala yang lainnya, yaitu prestasi belajar dengan perilaku keberagamaan siswa MTs Al-Mukarromah Sampang Cilacap. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan perilaku keberagamaan siswa di MTs Al-Mukarromah Sampang Cilacap dengan perolehan rhitung sebesar 0,256 dan rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,159. Hasil tersebut dikonsultasikan pada tabel interpretasi nilai r, maka korelasi dalam penelitian ini termasuk mempunyai hubungan yang rendah. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Aqidah Akhlak, Perilaku Keberagamaan.