METODE IMLA` DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADITS KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Anas Rahman, 082331020
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1134/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1134/2/Anas%20Rahman_METODE%20IMLA%E2%80%99.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1134/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran Al Quran Hadits ada beberapa metode yang dapat diterapkan, salah satunya adalah metode Imla`, metode ini sangat penting bagi peserta didik karena dengan metode ini peserta didik dapat terbiasa menuliskan kalimat bahasa Arab dengan baik dan benar. Kemampuan Imla` dapat diperoleh melalui latihan-latihan imla` yang menggunakan panca indra dan konsentrasi khusus dari peserta didik. Berdasarkan latar belakang inilah penulis tertarik untuk meneliti tentang` metode imla` dalam pembelajaran Al Quran Hadits kelas XI Di Madrasah Aliyah Al Falah Jatilawang Kab. Banyumas. Penelitian inibertujuan untuk mendiskripsikan metode yang dipergunakan dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru mata pelajaran Al Quran Hadits kelas XI Di Madrasah Aliyah Al Falah Jatilawang kab. Banyumas. Penelitian yang penulislakukaniniadalahjenispenelitianlapangandimanapendekatannyamenggunakanmetodekualitatif yang bersifatdeskriptifanalitifuntuk mengolah data.Dalampenelitianinipenulismenggunakanbeberapametodeyaitumetodepengumpulan data dananalisis data denganmenggunakanbeberapacaradiantaranyadenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi sehingga mendapatkan diskripsi yang jelas tentang setiap peristiwa kegiatan pembelajaran dan lain-lain yang berhubungan dengan metode pembelajaran imla` yang di terapkan di Madrasah Aliyah Al Falah Jatilawang kab. Banyumas.. Metode imla` yang diterapkan pada mata pelajaran Al Quram Hadits ini pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, meskipun masih memerlukan penyempurnaan karena terdapat beberapa hambatan yang dihadapi baik guru maupun peserta didiknya, hal ini disebabkan karena ketidak biasaan peserta didik dalam menulis bahasa Arab secara benar, dan kesulitan dalam memahami teks melalui pendengaran , kurangnya perbendaharaan kata, dan minimalnya sarana dan prasarana penunjang. Berdasarkan hasil penelitian, metode imla’ dalam pembelajaran Al Quran Hadist cukup efektif membantu peserta didik memahami materi, menjadikan peserta didik lebih mudah mengetahui isi kandungan ayat yang sedang dipelajarinya danpeserta didik juga mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari Kata kunci: MetodeImla`, Pembelajaran Al Qur`an Hadits