Daftar Isi:
  • Dari waktu kewaktu kehidupan manusia selalu berubah kearah yang lebih maju dari saat dimana manusia hanya mengandalkan alam seadanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai masa seperti saat ini yang dapat dikatakan sebagai masa informasi dan tekhnologi. Dengan perkembangan zaman yang terus berkembang pesat, maka kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas pun semakin besar, agar mampu bersaing di kehidupan yang semakin ketat ini.Pendidikan merupakan hak asasi bagi setiap manusia.Pendidikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup dan kehidupan bagi setiap jiwa yang tumbuh dan berkembang yang tiada hentinya.Lebih dari itu, pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari tanggungjawab berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat bagi penyelenggara negara, pelaksana pendidikan, masyarakat serta stakeholder pendidikan lainnya.Untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara lembaga pendidikan dengan masyarakat, maka diperlukan manajemen humas, yang akan dikelola secara serius dan professional oleh setiap lembaga pendidikan. Sehingga dapat berjalan lebih efektif dan efisien serta membuahkan hasil yang maksimal. Tujuan dan manfaat dari penulisan skripsi ini adalah mengetahui bagaimana manajemen hubungan masyarakat di MI Ma’arif NU Sidabowa. Metode peneitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah MI Ma’arif NU Sidabowa, subjek penelitian adalah kepala madrasah,wakil ketua humas, wakil ketua kesiswaan, guru dan karyawan. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ialah manajemen hubungan masyarakat di MI Ma’arif NU Sidabowa sudah berjalan dengan baik yakni dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Dalam proses perencanaan melalui tahapan kegiatan analisis kebutuhan keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah dan penyusunan program humas. Kemudian, pengorganisasian yang baik dalam manajemen hubungan masyarakat dengan melaksanakan pembagian tugas sesuai struktur orgnisasi yang ada, juga melaksanakan pengarahan dan telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Pengawasan telah melalui tahapan kegiatan pengawasan dan penilaian terhadap proses humas juga kinerja dari bagian humas. Kendala-kendala dalam manajemen hubungan masyarakat sejauh ini bisa diatasi dengan baik. Keyword: “Manajemen Hubungan Masyarakat”.