Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik dimiliki oleh seorang guru bahasa Arab. Dikarenakan guru bahasa Arab selain mengajarkan materi bahasa Arab, juga harus mampu mengelola pembelajaran peserta didik. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab yang ada di MTs sewilayah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab di MTs sewilayah Purwokerto yang berjumlah tujuh orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs sewilayah Purwokerto adalah 3,5 yang artinya guru bahasa Arab di MTs sewilayah Purwokerto berkompeten dan mempunyai tingkatan baik dalam kompetensi pedagogiknya dengan prosentase 87.7 %. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa Arab, MTs Sewilayah Purwokerto.