METODE PEMBELAJARAN FIKIH DI MI MUHAMMADIYAH NANGKOD KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Main Author: DESY FADJAR PUTRI, NIM. 102338132
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1082/1/DESY%20FADJAR%20PUTRI_METODE%20PEMBELAJARAN%20FIKIH%20%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1082/2/Cover_Daftar%20Isi_Bab%20I_Bab%20V_%20Daftar%20pustaka_lampiran.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1082/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran fikih agar metode yang digunakan tidak monoton sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran fikih di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan metode pembelajaran fikih pada madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah guru fikih di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan: Metode pembelajaran fikih yang diterapkan di MI Muhammadiyah Nangkod secara keseluruhan bukan merupakan metode yang mandiri, melainkan metode campuran. Artinya dalam pembelajaran ada yang keseluruhan menggunakan satu metode, ada juga yang menggunakan beberapa metode. Metode ceramah merupakan metode yang paling sering digunakan di MI Muhammadiyah nangkod. Metode ini penerapannya biasanya digabungkan dengan metode lain. Metode tanya jawab penerapannya digabung dengan metode lain, biasanya setelah metode ceramah kemudian dilanjutkan dengan metode tanya jawab. Metode demonstrasi penerapannya digabung dengan metode ceramah pada awal pembelajaran.