METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH (MA) AR RIDLO PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | KHASAN, NIM. 102331157 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1072/1/KHASAN_METODE_PEMBELAJARAN_FIQIH_DI_MADRASAH_ALIYAH_AR_RIDLO_PEKUNCEN_KAB._BANYUMAS.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1072/2/Cover_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1072/ |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran merupakan teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Sedangkan ilmu fiqh adalah suatu ilmu yang mempelajari syari‟at yang bersifat amaliah (perbuatan) yang diperoleh dari dalil-dalil hukum yang terperinci dari ilmu tersebut. Yang menjadi fokus permasalahan dalampenelitianiniadalahbagaimana seorang guru Fiqih di Madrasah Aliyah Ar Ridlo Pekuncen menggunakan Metode Pembelajaran yang bermacam- macam untuk memudahkan siswa memahami pelajaran. Selain itu bagaimana juga guru Fiqih memanfaatkan dan memilih metode – metode pembelajaran yang dikuasainya untuk memaksimalkan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang tidak menggunakan angka-angka dalam menentukan hasilnya, tetapi melihat secara langsung fenomena yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, pendekatan yang dianggap tepat dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, guru Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Ar Ridlo Pekuncen menggunakan berbagai macam metode ketika menyampaikan materi Fiqih di dalam kelas. Adapun metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode kerja kelompok dan metode demonstrasi.