KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | KHAERUL HUDA, NIM. 092331036 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1033/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1033/2/KHAERUL%20HUDA_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20SMP%20ISTIQOMAH%20SAMBAS%20PURBALINGGA%20TAHUN%20PELAJARAN%202013%202014.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1033/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan guru Pendidikan Agama Islamdi SMP Istiqomah Sambas Purbalingga yang sangatbaik dalam mengelola pembelajaran dengan mempersiapkan serangkaian kegiatan yang sistematis mulai dari mengidentifikasi karakteristik peserta didik, merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran secara dialogis dan mendidik, dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Kemampuan dalam mengelola pembelajaran inilah yang dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah kompetensi pedagogik. Karena dirasa sangat penting, seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik yang baik agar dapat mengelola pembelajaran dan menciptakan interaksi edukatif dengan memahami karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Oleh karena itu penulis meneliti bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari guru Pendidikan Agama Islam melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Kompetensi Pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga sudah baik dan sesuai dengan Permendiknas No 16 Tahun 2007, walaupun masih ada indikator kompetensi pedagogik yang belum dapat dilaksanakan yaitu melaksanakan penelitian tindakan kelas. Walaupun demikian, tidak mengurangi kualitas kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga, karena untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melihatkondisi peserta didik. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogikdan GuruPendidikan Agama Islam.