STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MIKRO DI BANK SYARI’AH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU BANJARNEGARA
Main Author: | MAHENDRO ARIFIANTO, NIM: 1323206006 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1001/1/TUGAS%20AKHIR%20LENGKAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1001/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1001/ |
Daftar Isi:
- Pembiayaan warung mikro merupakan produk penyaluran dana yang dimiliki oleh Bank Sariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Banjarnegara. Dalam proses memasarkan pembiayaan warung mikro tidak selalu berjalan lancar, serta terdapat target pembiayaan dana warung mikro yang harus disalurkan agar bank bisa mendapat keuntungan dari penyaluran pembiayaan. Oleh karenanya dibutuhkan strategi pemasaran agar dapat tercapai tujuan bank dalam proses penyaluran pembiayaan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan warung mikro BSM KCP Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan ilmiah. Sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di BSM KCP Banjarnegara. Strategi pemasaran dilakukan menggunakan promosi, personal selling, penjelasan seputar produk dan lain sebagainya. Dalam melaksanakan strategi pemasaran harus ada organisasi khusus untuk mengatasi strategi pemasaran yang terdiri dari AMM (Administrasi Marketing Mikro), PMM (Pelaksana Marketing Mikro), yang bertanggung jawab kepada KWM (Kepala Warung Mikro) dan KWM Bertanggung jawab kepada SBM (Sub Branch Manager). Sebagai pelaksana marketing mikro, PMM memiliki peran besar untuk melaksanakan strategi pemasaran, dan harus memiliki strategi yang cepat dan tepat dalam mengambil keputusan saat berada di lapangan.