METODE LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN DAN RUMAH TAHFIZ "RAHMAN" DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK.--

Main Author: NASTA DWI ANDINI
Format: Bachelors
Terbitan: fakultas dakwah dan komunikasi universitas islam negeri raden fatah palembang , 2022
Subjects:
Online Access: https://slims.radenfatah.ac.id:443/index.php?p=show_detail&id=35497
https://slims.radenfatah.ac.id:443/repository/http%3A%2F%2Frepository.radenfatah.ac.id%2F23491%2F
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini berjudul“Metode Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Panti Asuhan dan Rumah Tahfiz “Raihan” Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Anak”. Yang melatarbelakangi permasalahan ini adalah masih terdapat anak yang sudah kurang mempunyai akhlak yang baik seperti pernah berbohong, melanggar peraturan, berkata kasar dan bertingkah laku yang tidak sopan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meode yang ada di lembaga kesejahteraan sosial anak melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan tektik pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian inin menganalisis teori G.R Terry dan Abuddin Natta teori pertama yaitu manajemen mencakup empat point diantaranya: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Teori yang kedua metode dalam membentuk akhlakul karimah mencangkup lima point diantaranya: metode keteladanan, metode cara paksa, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat dan petode hukuman. Hasil dari penelitian ini bahwa metode lembaga kesejahteraan sosial anak panti asuhan dan rumah tahfiz “Raihan” dalam membentuk akhlakul krimah pada anak dalam proses pelaksanaan pencapaian tujuan tersebut sudah di laksanakan fungsi-fungsi manajemen sudah cukup baik mulai dari perencanaan terkait dengan metode dalam membentuk akhlauk karimah. Kedua mengnai faktor pengambatnya yaitu:kurangnya kesadaran dan perhatian anak akan pentingnya belajar akhlak, begitupun dengan karakter yang berbeda-beda ada yang cepat memahami dan ada yang sulit untuk memahami pada setiap anak sehingga itu akan mempersulit di dalam membentuk akhlaknya. Faktor pendukungnya yaitu: kesediaan ketua, pengurus dan pengajar dalam membantu agar terbentuknya akhlak yang baik terhadap anak asuh, ketua, pengurus dan pengajar semata-mata tidak hanya memberikan pengajaran tetapi juga memberikan contoh secara langsung kepada anak asuh, agar mereka dapat mencontohkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : Metode, Manajemen, Akhlakul Karimah.