ANALISIS KESIAPAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI TARBIYATUL HUDA TANJUNG JATI OKU SELATAN SUMATERA SELATAN.--

Main Author: YOLA AMELIA
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang , 2022
Subjects:
Online Access: https://slims.radenfatah.ac.id:443/index.php?p=show_detail&id=32822
https://slims.radenfatah.ac.id:443/repository/http%3A%2F%2Frepository.radenfatah.ac.id%2Fid%2Feprint%2F20009
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum terlihatnya kesiapan pendidik dalam menerapkan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kesiapan pendidik dalam merencanakan pembelaaran tematik, (2) bagaimana kesiapan guru dalam menerapkan pembelaaran tematik dan (3) bagaimana mengevaluasi pembelajaran pembelaaran tematik,Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan kelas IV, siswa kelas III dan kelas IV serta Kepala Madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang diperoleh maka di analisis dengan menggunakan reduksi data dan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data maka peneliti menggunakan tiangulasi sumber, tekhnik, dan waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut. (1) Dalam membuat perencanaan, melaksanakan dan melakukan penilaian dalam kelas masing masing, dimana guru sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. (2) Dalam pelaksanaan juga memiliki beberapa faktor pendukung seperti sarana prasarana, fasilitas, peran kepala sekolah dan juga orang tua siswa, selain dari pada itu juga ada faktor yang dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran diantara lain adalah perbedaan karakter dan latar belakang setiap siswa, lingkungan yang kurang mendukung di sekitar sekolah ataupun siswa, akan tetapi guru selalu memiliki solusi yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut. (3) Guru menggunakan penilaian autetik yang menilai aspek sikap dengan observasi, pengetahuan dengan tes tertulis dan penugasan dan keterampilan dengan ujuk kerja.