PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 04 PAYARAMAN.--

Main Author: ERIKA MEISARI
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang , 2022
Subjects:
Online Access: https://slims.radenfatah.ac.id:443/index.php?p=show_detail&id=32818
https://slims.radenfatah.ac.id:443/repository/http%3A%2F%2Frepository.radenfatah.ac.id%2Fid%2Feprint%2F20078
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV, orang tua kelas IV, dan siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yaitu dengan metode studi kasus. Fokus utama dalam penelitian ini yaitu melihat bagaimana kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Mengingat adanya kondisi pandemi yang tidak memungkinkan adanya pertemuan tatap muka secara langsung antara pendidik dan peserta didik maka dari pihak lembaga pendidikan meminta bantuan dengan wali siswa untuk pembelajaran dilaksanakan secara daring. Peran orang tua dalam pembelajaran daring pada penelitain ini ada tiga yaitu peran orang tua sebagai motivator, peran orang tua sebagai fasilitator, dan peran orang tua sebagai guru di rumah. Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring yaitu keterbatasan akses internet, kekurangan interaksi dengan pengajar, pemahaman terhadap materi, minimnya pengawasan dalam belajar menyebabkan proses pembelajaran daring menjadi terkendala. Pada penelitian yang dilakukan peneliti mengharapkan mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan yang di fikirkan peneliti dan agar mendapatkan jawaban yang tepat sesuai dengan rumusan masalah yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring memiliki hubungan antara lingkungan keluarga dan kegiatan belajar. Dengan demikian mendidik yang diterapkan orang tua kepada anak sangat berperan penting terhadap pembelajaran daring. Penyebab kesulitan dalam pembelajaran daring membuat siswa mengeluh bosan mengikuti pembelajaran daring dan lebih bersemangat mengikuti pembelajaran tatap muka.