HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD YWKA PALEMBANG.--

Main Author: ALFINA DAMAYANTI
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang , 2022
Subjects:
Online Access: https://slims.radenfatah.ac.id:443/index.php?p=show_detail&id=32597
https://slims.radenfatah.ac.id:443/repository/http%3A%2F%2Frepository.radenfatah.ac.id%2Fid%2Feprint%2F19628
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui kompetensi sosial guru di SD YWKA Palembang, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SD YWKA Palembang, (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan signifikan kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa di SD YWKA Palembang. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 28 responden yaitu siswa kelas V SD YWKA Palembang. Dengan teknik analisis analisis deskriptif dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi sosial guru berada pada ratarata 51 yang berarti kategori kompetensi sosial guru di SD YWKA Palembang dalam kategori kurang. (2) Motivasi Belajar Siswa berada pada rata-rata 72 yang berarti kategori Motivasi Belajar Siswa di SD YWKA Palembang dalam kategori sedang