PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN KAMAR HOTEL SINGGASANA MAKASSAR
Main Author: | ANDI HARTINI, ERAWATI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Patria Artha
, 2105
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://103.16.114.246:85/eprints/65/1/aaaaaaaaa.pdf http://103.16.114.246:85/eprints/65/ |
Daftar Isi:
- PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN KAMAR HOTEL SINGGASANA MAKASSAR ANDI HARTINI ERAWATI DOSEN STIE Tri Dharma Nusantara ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah hunian kamar Hotel Singgasana di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Hotel Singgasana Makassar. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara dan studi pustaka. Sedangkan jenis data adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara periklanan terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Singgasana Makassar. Hal ini menunjukkan biaya-biaya periklanan yang dikeluarkan oleh pihak hotel untuk menarik konsumen, mendapatkan respon yang baik. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan promosi penjualan terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Singgasana Makassar, hal ini menunjukkan kegiatan promosi penjualan yang ditawarkan seperti diskon kamar dan harga publish rate, free swimming pool kupon, special offer dan souvenir dapat mendorong konsumen untuk datang dan menginap dihotel. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penjualan personal terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Singgasana Makassar, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan penjualan personal tidak terlalu efektif diterapkan pada perusahaan jasa seperti perhotelan. 4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemasaran langsung terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Singgasana Makassar, hal ini menunjukkan kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui surat, TV interaktif, telepon dan email tidak memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan hunian kamar pada Hotel Singgasana Makassar. Kata Kunci: Bauran Promisi, tingkat hunian hotel