Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi di SDN Kaduela Cadasari Kabupaten Pandeglang)
Daftar Isi:
- Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang ditunjukkan dari gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Kaduela. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui metode angket dan metode dokumentasi. Adapun anggota populasi yaitu 211 siswa dan anggota sampel yaitu 20% dari populasi yakni 42 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat (X2 ). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 21 atau 50% siswa menjawab gaya mengajar guru dalam kategori cukup, sebanyak 21 siswa atau 50% siswa menjawab motivasi belajar siswa dalam kategori cukup, dan besarnya pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan Chi Kuadrat sebesar 16,159 lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel (X2 tabel) pada taraf signifikasi 5% sebesar 9,488 dengan tingkat keterkaitan tinggi, maka Ha diterima, sehingga diketahui bahwa ada pengaruh positif dari gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat peneliti berikan yaitu: 1) kepada guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti diharapkan untuk mempertahankan gaya mengajarnya yang mampu memberi pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; 2) kepada siswa diharapkan untuk selalu mmpertahankan dan meningkatkan motivasi belajarnya. Siswa harus dapat mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar dengan cara tekun dan rajin dalam mengerjakan tugas yang diberika guru, mampu mempertahankan pendapatnya, senang belajar hal-hal baru, serta mempelajari pelajaran secara berulang untuk lebih memahami pelajaran.